Menurut Soekresno dan Pendit (1998:4) menyebutkan bahwa food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional. Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama. 2 (dua) bagian tersebut adalah:
Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.
Food and beverage bagian belakang (back service)
Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.
Waiter/ Waitress
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
- Melaksanakan persiapan set up-mise en place
- Melakukan pelayanan langsung kepada tamu
- Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen
- Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
- Melaksanakan clear up dari meja tamu
- Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin, wares, supplies
- Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding
- Melakukan penyiapan table set up dan clear up
- Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya
- Melakukan pembersihan area kerja
- Menjalin hubungan dengan tamu
- Menghadiri briefing harian
Chief Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mengawasi penyimpanan, penggunaan bar stock
- Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
- Membuat daily sales report
- Mengawasi kelancaran, ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
- Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
- Mengarahkan, mengawasi kelancaran pelayanan
- Mengatasi keluhan tamu
- Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya
- Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
- Menangani langsung pelayanan tamu VIP
- Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
- Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
- Membuat repair dan maintanace order
- Mengawasi disiplin bawahan
- Menangani permasalahan tamu
- Melakukan penilaian kerja bawahan
- Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
What a mean service?
S = Smile to everyone (berikan senyuman kepada semua orang)
E = Excellent in everything we do (kerjakan semuanya semaksimal mungkin dan memuaskan)
R = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh ramah-tamah)
V = Viewing every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian)
I = Invitting guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat tamu tersebut datang kembali)
C = Creating a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap tamu)
E = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu)